Beberapa hari yang lalu, ada seseorang bertanya-walaupun tidak terkhusus untukku- “Kapan kamu benar-benar merasa bahagia?” Pertanyaan itu membuat aku berfikir, kira-kira hal apa yang bisa membuatku bahagia? dan hasilnya, aku membuat daftar 10 hal yang ‘mungkin’ bisa membuatku benar-benar bahagia. Angka tidak menunjukkan prioritas, semua yang ada dalam daftar ini memiliki tingkat kepentingan yang sama.

  1. Makanan enak
  1. Punya banyak uang
  1. Tidak dalam keadaan tertekan
  1. Mengetahui banyak hal
  1. Membuat orang lain tertawa
  1. Mendapat pujian tulus
  1. Memberi pertolongan
  1. Mendengar curahan hati orang terdekat
  2. Bermain/liburan dengan teman dekat
  1. Dicintai oleh orang-lain

Ya. Itulah 10 hal yang ‘mungkin’ bisa membuatku merasakan kebahagiaan. Aku senang ketika memakan makanan yang enak, aku merasa khawatir selama dompetku hampir kosong, aku senang berada di tempat yang jauh dari sumber depresi, aku juga merasa senang saat mengetahui hal/fakta baru, aku akan tertawa ketika orang lain tertawa karena lelucon/hiburanku, aku juga bangga ketika ada orang yang memujiku dengan tulus pastinya, aku merasa lebih ‘berguna’ saat menolong orang yang sedang membutuhkan pertolonganku, aku merasa dipercaya ketika seorang teman mencurahkan isi hatinya hanya kepadaku, aku akan tersenyum sepanjang waktu saat bermain dengan teman-teman terdekatku, dan aku akan merasa sangat senang ketika orang-orang di sekitarku menunjukkan cintanya dengan tulus kepadaku.

Leave a Reply

