Mengapa di zaman ini semakin banyak berita viral yang berisi komentar ‘negatif’, baik secara langsung maupun lewat lini masa? Lalu si pencipta hal ‘negatif’ di berita tersebut pun dihakimi oleh masyarakat dan dicap sebagai pembuat onar dalam jangka waktu tertentu sampai sebuah berita/komentar viral yang baru muncul kembali.

Siapa yang salah?
si pembuat berita atau yang diberitakan?
Setelah aku renungkan, ternyata sepertinya bukan dua orang itu yang sepenuhnya salah, melainkan justru masyarakatnya yang sudah menyimpang. Mengapa?
Karena semakin lama tingkah laku masyarakat semakin aneh. Mereka lebih ‘menghargai’ hal negatif daripada yang positif.
Menghargai disini maksudku adalah: suatu berita/komentar akan ‘terasa dihargai’ apabila berita/komentar itu ditanggapi oleh banyak orang. Terlepas tanggapan itu pro atau kontra.

Melihat pola perilaku masyarakat kekinian tersebut, banyak orang mencari hal-hal ‘unik’ untuk di provokasikan. Masalahnya kata unik sepertinya pun telah menyimpang maknanya ke arah yang negatif, dari aktivitas aneh sampai ke kesalahan orang. Setiap pendapat orang pun diselidiki, dicari mana yang bisa diprovokasikan di masyarakat.

Masalah dari banyaknya berita-berita kurang bermutu seperti ini menjadikan berita yang sungguh memiliki nilai menjadi tenggelam. Apalagi hal ini membelokkan pola pikir masyarakat, yang tadinya haus akan prestasi menjadi haus akan interpretasi.

Lalu bagaimana menghadapi polemik ini? Masyarakatlah yang harus memeranginya. Ketika kita lebih mengapresiasi berita-berita positif berisikan prestasi anak bangsa, maka semua orang akan berlomba-lomba menciptakan prestasi itu. Dan satu-satunya cara agar kita lebih menghargai hal positif itu adalah dengan tidak terlalu mudah untuk diprovokasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s