Pernah tidak kamu ditolak ketika memberi saran/menyuruh seseorang untuk melakukan sesuatu (entah itu kegiatan organisasi ataupun sebuah proyek) ?

Sebuah alasan yang sering terdengar untuk menolaknya adalah “tidak punya waktu”.

Aku juga pernah melontarkan alasan tersebut kepada seseorang dan dibalas dengan sebuah nasihat. Nasihat itu (bisa jadi) berbunyi seperti ini:

“Sebenarnya waktu itu ada, hanya tergantung kamu untuk mengaturnya” atau “Seharusnya bukan waktu yang mengatur kamu, tetapi kamulah yang mengatur waktu”, bisa juga “Kalau kamu niat, semua bisa kamu kerjakan.”

Intinya adalah sebuah nasihat yang menyalahkanku karena menyalahkan waktu. Semua nasihat di atas tidak ada yang salah, dan tidak sepenuhnya benar.

Kali ini aku ingin menjelaskan sesungguhnya ada dua alasan seseorang menggunakan alasan “tidak punya waktu” untuk menolak sesuatu.

  1. Dia tidak ada niat untuk melakukannya.
  2. Ada hal lain yang menjadi prioritas, sehingga dia menolak agar prioritasnya tidak terganggu.

Maka, seharusnya si penanya (yang menawarkan dan yang ditolak) bertanya lagi “apa prioritasmu yang akan kamu lakukan sehingga tidak ada waktu yang dapat kamu sediakan?”. Maka dia akan mendapatkan penjelasannya. Namun jika si penolak tidak dapat menjawab, maka ia memang tidak niat melakukannya.

Aku pernah menggunakan alasan tersebut sekali karena alasan nomor dua dan langsung mendapat kuliah umum yang membuatku bad mood. Hahaha. Seandainya setiap orang dapat memahami perasaan orang lain. Namun aku tidak menyalahkannya. Aku juga yang salah, seharusnya memberi alasan bahwa aku punya prioritas lain untuk dikerjakan, bukannya tidak punya waktu.

Intinya hati-hati dalam memberi alasan, dan hati-hati dalam menanggapi alasan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s